Diantara Puspa Pesona

Lapangan Banteng, Jakarta Pusat pagi itu sudah riuh dengan aneka suara burung, riang anak sekolah, dan sesekali suara penjaga pameran tanaman yang sedang berlangsung di Waterlooplein (nama lama lapangan ini).

Waktu itu sedang berlangsung Pameran Flora Fauna (Flona) 2016. Tahu ivent ini saat melintasi lapangan Banteng dengan busway sehari sebelumnya selepas kegiatan di Kantor Wilayah Pos Jakarta.

Kesempatan belajar dan melihat aneka tanaman dan satwa tidak saya lewatkan. Puluhan stand tidak memberi saya rasa bosan untuk menyimak dan masukinya satu persatu. Peserta Flona didominasi peserta dari  Jabodetabek.

Menjelang akhir dari tour, saya menemukan sebuah stand yang dipenuhi bunga Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) warna warni. Yang unik di stand ini bunga yang diidentifikasi  C.L. Blume ini ditata seperti belantara anggrek. Bukan hanya menempel pada tanaman tapi dibuat menggantung dari langit-langit stand.

Anjungan ini milik salah satu tempat pengembangan Puspa Pesona asal Bogor. Tanaman epifit ini ditata menarik dilengkapi dengan nama setiap jenisnya. Saya tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan diri bersama meriahnya bunga indah di pintu gerbang stand■ Darmawan Denassa

Diantara Warna Warni Anggrek Bulan (Darmawan Denassa)
Diantara Warna Warni Anggrek Bulan (Darmawan Denassa)

Puspa Pesona penyebutan lain yang diberikan untuk Anggrek Bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *