Karama dan Karama

Sekali lagi menemukan dua nama tempat yang sama dengan jarak yang berjauhan. Sebuah desa di kecamatan Tinambung, Polewali Mandar di Sulawesi Barat bernama Karama. Desa ini terletak di pantai teluk Mandar.

Sebuah pagar di jalan menuju Karama, Tinambung, Polewali Mandar
Sebuah pagar di jalan menuju Karama, Tinambung, Polewali Mandar

Karena letaknya itu sebagian warga Karama berprofesi sebagai nelayan, sebagian yang lain membuka usaha pemintalan tali. Yang unik jika menyusuri jalan yang menghubungkan kantor Camat Balanipa, Karama, ke Tinambung yakni jejeran kebun warga yang ditanami pagar hidup dikat pelepah kelapa dengan apik.  Itu sepenggal informasi Karama di lita Mandar.

* * *

Bergeser ke selatan di kaki huruf K pulau Celebes,  terdapat sebuah kampung dengan  nama Karama akan kita temukan di butta turatea, Jeneponto. Kampung ini  tepatnya berada di dusun Karama, desa Banrimanurung, kecamatan Bangkala Barat, kabupaten Jeneponto, Sulsel.

Kampung ini terkenal  dengan kontur tanahnya yang berbukit. Dari kondisi alam ini jalan nasional yang melintasi kampung ini menjadi menikung, menurun, atau menanjak.

Perjalanan akan menurun  jika kendaraan mengarah ke selatan dari arah Makassar, sebaliknya akan menanjak jika berjalan dari arah selatan menuju Makassar, Gowa, atau Takalar.  Di tanjakan dan turunan inilah sering terjadi kecelakaan lalu lintas.  Jadi harap berhati-hati  jika Anda menempuh perjalanan ke selatan dan memasuki kawasan ini.

Akibat kecelakaan yang kerap terjadi di sekitar Karama itulah,  yang turut mempengarhui nama tempat ini, sehingga disebut ‘Karama’ yang bersinonim Keramat dalam bahasa Indonesia.

Jika biasanya pengguna jalur seletan yang akan touring atau berlibur hanya bertujuan ke Bantaeng, Bulukumba, dan Selayar. Suatu waktu bisa menyempatkan istirahat di Karama sambil menjelajahi kampung ini apalagi jika Anda punya minat dibidang Arkeologi. Karena di Karama Jeneponto terdapat situs purbakala yang dimanfaatkan manusia prasejarah sebagai area permungkiman. Atau sekedar singgah melepas lelah sembari membeli beberapa biji buah Srikaya (Annona squamosa) yang banyak dijajakan di sekitar Karama pada bulan Januari hingga Maret. Selamat menjelajah di Kampung-kampung Nusantara. Darmawan Denassa

Baca Pula laman ini https://id.wikipedia.org/wiki/Al_Karama,_Dubai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *