Ke Dusun Bambu

Subuh masih belum tiba, ketika kami bergegas mempersiapkan kunjungan ke Bandung Barat. Gegara gambar apik yang sering muncul di media elektronikKami berniat mengunjunginya. Sebuah destinasi wisata di Lembang bernama Dusun Bambu. Tepatnya di Kertawangi, Cisarua, Lembang.

Bersama sang jagoan Asraf Denassa, saya membelah dingin jalur Dago-Lembang, bermodal motor metic rental yang setia menemani kunjungan sambil kerja selama sepekan di kota Kembang, Bandung.

Singkat cerita, kami telah tiba di Lembang saat sang surya bersiap menerangi bumi Parahyangan, bahkan kami tiba di depan pintu gerbang yang tertulis Dusun Bambu Family  Leisure Park, sebelum pukul tujuh pagi. Dan wahana ini belum buka. Karena merasa lama menunggu, saya menyempatkan menyusuri Jalan Kolonel Masturi melewati perkebunan warga yang ditanami aneka sayur dan palawija hingga tiba disebuah kompleks di kaki Gunung Burangrang.

Dan surprise, jalan desa itu berakhir di Pondok Daarut Tauhiid asuhan K.H. Abdullah Gymnastiar, Aa Gym.  Pondok ini menjadi tempat belajar tahfiz bagi santri laki-laki.  Kami melewatkan waktu Dhuha di bangunan berlantai dua di puncak bukit itu sambil berbincang dengan guru tahfiz, yang ternyata pernah mengajar dua tahun di Jalan Andi Tonro Makassar.

* * *

Kembali menuruni bukit ke Dusun Bambu, pintu gerbang sudah terbuka. Jarak dari Daarut Tauhiid ke dusun bambu sekitar lima belas menit. Tetap saja kami menjadi pengunjung perdana hari ini, dibelakang kami antri beberapa rombongan lebih besar.

Di Tepi danau Dusun Bambu, Lembang, Jabar
Di Tepi danau Dusun Bambu, Kertawangi, Lembang, Jabar

Singkat cerita dusun Bambu itu wajib Anda kunjungi jika berkesempatan ke Lembang. Banyak wahana yang bisa memuaskan Anda untuk mengabadikan suasana dan kunjungan. Kami mengelilinginya sekitar empat jam. Kami belum ketempat perkemahan karena harus memburu jadwal pulang ke Makassar. Esok pagi, ada tamu yang akan berkunjung ke RHD. Sebelum kembali ke Bandung, saya masih sempatkan ajak Asraf ke Tangkubang Perahu.

Catatan:

Ke Dusun Bambu, aksesnya lebih dekat jika dari Ledeng atau Gegerkalong.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *